Cara Merawat Aki Kendaraan Agar Awet

Aki Kendaraan

Cara Merawat Aki kendaraan akan bertahan lama jika dirawat dengan baik. Waspadai gejala-gejala yang menunjukkan baterai melemah, seperti putaran mesin yang lambat saat penyalaan atau lampu interior yang redup.

Cara Merawat Aki Kendaraan Yang Benar Agar Awet

Anda harus tau cara merawat aki yang benar, dengan mengingat bahwa perangkat elektronik yang menyedot daya saat kendaraan mati adalah penyebab utama terkurasnya baterai. Memeriksa dan membersihkan baterai Anda secara teratur adalah kuncinya. Berikut kami berikan cara merawat aki kendaraan yang benar menyurut versi kami.

Periksa Level Baterai

Aki mobil penting untuk menghidupkan mobil Anda, berfungsi sebagai pelindung lonjakan arus, dan memberi daya pada aksesori saat kendaraan Anda berjalan. Baterai yang kondisinya buruk dapat menyebabkan berbagai masalah yang memerlukan biaya servis dan perbaikan yang mahal.

Perawatan dan pemeliharaan yang tepat dapat membantu memperpanjang umur aki kendaraan Anda. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, antara lain memeriksa dan membersihkan terminal aki. Baterai juga dapat diisi dengan charger ketika kendaraan tidak digunakan dalam jangka waktu lama.

Langkah pertama cara merawar aki kendaraan adalah memeriksa level baterai. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan multimeter yang diatur untuk membaca volt. Baterai yang sehat seharusnya menunjukkan nilai sekitar 12,6 volt saat diistirahatkan. Nilai yang lebih rendah mungkin berarti baterai hampir habis masa pakainya. Hal ini dapat disebabkan oleh membiarkan aksesori yang menguras daya tetap terpasang, sering berkendara jarak pendek, atau menyimpan kendaraan di suhu beku.

Bersihkan Terminal

Korosi cukup umum terjadi pada aki mobil, dan dapat memperpendek umur aki atau menyebabkan masalah pada sistem kelistrikan kendaraan Anda. Anda dapat mencegahnya dengan membersihkan terminal secara rutin untuk menghilangkan penumpukan korosif.

Baca Juga  Cegah Rangka Motor Karatan Lakukan Hal Berikut

Anda perlu membuka kap mesin dan mengidentifikasi terminal positif dan negatif. Sebelum Anda melepaskannya, pastikan Anda mengenakan sarung tangan tebal dan pelindung mata. Bubuk korosif yang terbentuk di sekitar terminal bersifat kaustik dan dapat merusak kulit dan mata Anda.

Setelah Anda melepaskan terminalnya, oleskan campuran soda kue dan air ke area tersebut. Anda juga bisa menggunakan sikat kawat untuk menggosok area tersebut. Setelah terminal bersih, bersihkan dengan kain lembab. Anda juga dapat menggunakan gemuk terminal baterai untuk melindungi sambungan dari korosi. Produk ini tersedia di toko onderdil mobil lokal Anda. Mudah digunakan dan memberikan perlindungan jangka panjang.

Bersihkan Baki Baterai

Aki mobil tidak memberikan banyak petunjuk bahwa aki tersebut sudah tua – dan salah satu penyebab paling umum rusaknya aki adalah karena wadah aki penuh dengan korosi. Untuk mencegahnya, Anda harus membersihkan baki secara rutin.

Cara termudah untuk membersihkan tempat baterai adalah dengan menggunakan sikat baja biasa dan pasta soda kue. Campuran ini akan menghilangkan penumpukan korosif pada tiang terminal dan penjepit. Anda mungkin juga ingin membersihkan tabung ventilasi di sisi casing.

Jika Anda tidak yakin tentang cara melakukan ini, disarankan agar Anda berkonsultasi dengan profesional di lokasi NAPA AutoCare setempat. Mereka akan dapat memberi Anda rincian lebih lanjut dan memastikan bahwa terminal dan baki bersih dari korosi. Pastikan juga untuk rutin memeriksa tegangan pada aki. Ini akan membantu memastikan tegangannya tidak di bawah 12 volt.

Pasang Pengisi Daya Aki Mobil

Aki mobil menyediakan tenaga awal untuk pengapian kendaraan, penerangan, dan sistem bahan bakar untuk menghidupkan mesin. Mereka juga menyuplai arus ke aksesori listrik seperti radio dan AC.

Baca Juga  Review Motor Kawasaki KLX 150 SM SE Indonesia

Baterai perlu diisi secara teratur agar tetap sehat. Hal ini sangat penting terutama jika kendaraan tidak digunakan dalam waktu lama. Membiarkan baterai dalam keadaan tidak aktif dapat menyebabkan pengosongan daya yang lama dan memperpendek umur baterai secara signifikan.

Menggunakan pengisi daya untuk mengisi daya baterai adalah cara mudah dan nyaman untuk membantunya bertahan lebih lama. Namun, pemasangan yang tidak tepat dapat menimbulkan percikan api dan masalah lain yang dapat mengakibatkan cedera atau kerusakan properti.

Sebelum menyambungkan pengisi daya ke baterai Anda, matikan semua perangkat yang mungkin menghabiskan energi selama proses pengisian daya. Pasang penjepit merah pengisi daya ke terminal positif baterai Anda. Hubungkan penjepit hitam ke terminal negatif baterai Anda, pastikan sudah kencang. Kemudian, colokkan pengisi daya ke stopkontak listrik.