Wisata Danau Toba Kota Medan Indonesia

Danau Toba

Orang-orang di danau toba ramah dan akan memastikan perjalanan Anda tak terlupakan. Ngobrol dengan mereka untuk mempelajari lebih lanjut tentang budaya Batak dan tradisinya.

Pemandangan Indah Wisata Danau Toba

Danau Toba dipenuhi dengan pemandangan indah, air terjun, dan sumber air panas. Salah satu pemandangan terbaik adalah dari Air Terjun Sipiso-Piso yang menjulang setinggi 120 meter di atas air yang tenang.

Wisata Berastagi Dekat Dengan Danau Toba

Ini adalah danau indah di medan, kaldera gunung berapi, dan pusat budaya. Tak heran jika menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia!

Terbang ke Bandara Internasional Kuala Namu sangatlah mudah dan Anda dapat dengan mudah memanggil taksi, bus bersama, atau mobil pribadi untuk langsung menuju Danau Toba dari sana. Ini adalah tiga jam perjalanan.

Bus dari Medan berangkat ke Kabanjahe dan Siantar, di mana Anda dapat naik feri ke Tuktuk di Pulau Samosir (5.000 rupiah). Bus langsung ke Parapat juga tersedia.

Bukan hal yang aneh jika kapal feri penuh pada Tahun Baru Imlek, jadi periksalah akomodasi Anda sebelum berangkat. Ada banyak guesthouse dan hotel murah di Tuktuk, tapi segalanya berubah dengan cepat, jadi segera pesan penginapan Anda! Kota ini telah mengalami perubahan dan bahkan warung kecil pun telah diberi interior modern. Namun jangan khawatir, pesona lusuhnya belum hilang sepenuhnya. Ini masih merupakan desa yang bagus dengan penduduk yang ramah.

Danau Toba Atau Parapat

Waktu terbaik mengunjungi Danau Toba adalah saat musim kemarau antara bulan Mei hingga September. Suhunya lebih sejuk dan curah hujan lebih sedikit, namun kawasan ini bisa jadi ramai dikunjungi pengunjung. Penting juga untuk menghindari periode sibuk seperti Tahun Baru Imlek (yang bervariasi berdasarkan tanggal tetapi cenderung sekitar bulan Februari) dan Idul Fitri, hari libur umat Islam yang terjadi setiap tahun bersamaan dengan Natal dan Tahun Baru.

Baca Juga  Keindahan Pulau Samalona di Makassar

Ada banyak hal yang dapat dilihat dan dilakukan di Parapat, namun yang paling menarik adalah desa kuno Huta Siallagan. Di sini Anda bisa mengunjungi rumah-rumah tradisional Batak Toba, termasuk rumah raja Siallagan. Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan sigale-gale, sebuah tarian wayang Indonesia.

Sigumbang adalah tempat menarik lainnya untuk dikunjungi, di mana Anda bisa melihat pemandangan seluruh danau dari atas. Untuk mencapai desa ini, Anda dapat menaiki perahu dari dermaga dekat akomodasi Anda. Staf di wisma Anda akan memberi tahu Anda jam berapa kapal berangkat.

Samosir Island

Terletak di bagian utara Danau Toba, Pulau Samosir menawarkan sejumlah wisata alam yang luar biasa. Puncaknya adalah air terjun Sipiso-Piso, air terjun raksasa setinggi 120 meter yang mengalir ke Danau Toba dari pegunungan di atasnya. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar air terjun atau berenang di kolamnya. Air terjun lain yang patut dilihat adalah Bukit Holbung dan Air Terjun Binangalom, keduanya spektakuler.

Sorotan lain dari Samosir adalah desa tradisional Batak Ambarita. Di sini, Anda dapat melihat Kursi Batu Raja Siallagan, yang digunakan untuk mengadakan persidangan publik terhadap pelaku kejahatan – dan terkadang memenggal kepala mereka.

Anda juga dapat mengunjungi pasar Kain Harum di Tomok, tempat para penenun Batak menjual hasil karyanya per meteran. Produk mereka yang paling terkenal adalah kain ulos, yang banyak digunakan dalam upacara adat mereka. Ini juga merupakan oleh-oleh yang bagus untuk dibawa pulang.

Bukit Lawang

Desa di puncak bukit yang jarang dikunjungi ini adalah tempat yang indah untuk dikunjungi karena pemandangannya dan masyarakat Batak yang ramah. Ini juga merupakan tempat yang bagus untuk melihat matahari terbit, meskipun Anda mungkin harus menantang kerumunan orang untuk mendapatkan foto terbaik.

Baca Juga  Wisata Terpopuler di Bandung Tangkuban Perahu

Waktu terbaik untuk pergi ke Danau Toba adalah antara bulan April dan Oktober. Saat ini cuacanya kering dan sedikit lebih sejuk dibandingkan wilayah lain di Sumatera. Hindari bepergian pada hari libur seperti Tahun Baru Imlek (tanggalnya bervariasi), Idul Fitri (hari libur umat Islam yang berbeda-beda setiap tahunnya) dan Natal ketika wilayah tersebut sangat sibuk.

Menyewa mobil adalah cara paling nyaman untuk berkeliling Danau Toba, namun perlu diingat bahwa Anda memerlukan kendaraan dengan ground clearance yang tinggi karena sebagian besar jalan tidak beraspal. Bus umum juga tersedia, namun Anda mungkin perlu menurunkannya dan menyatakan tujuan Anda dengan jelas. Rupiah adalah mata uang resmi, namun sebagian besar hotel dan resor menerima Dolar AS, Dolar Australia, dan Euro.